Pada
periode ini tumbuh kesadaran akan kemampuan diri. Perbedaan tipe individual
makin tampak. Anak yang berbakat cenderung akan melanjutkan kegiatannya dengan
rasa senang, tetapi yang merasa tidak berbakat akan meninggalkan kegiatan seni
rupa, apalagi tanpa bimbingan. Dalam hal ini peranan guru banyak menentukan,
terutama dalam meyakinkan bahwa keterlibatan manusia dengan seni akan
berlangsung terus dalam kehidupan. Seni bukan urusan seniman saja, tetapi
urusan semua orang dan siapa pun tak akan terhindar dari sentuhan seni dalam
kehidupannya sehari-hari.
Gambar 1 karya komang novita arsatianingsih usia 15 tahun
Gambar 2 karya riski maulana usia 15 tahun
menganalisis gambar bukanlah hal
dimana kita menilai dan mengkritik hasil gambar anak melaikan sebuah proses
dimana kita mencoba melihat dan memahami lebih dekat bagaimana proses menggambar
dari anak serta apa yang ingin disampaikan oleh anak tersebut melalui gambar
yang dia buat. untuk itu dimulai dengan membahas gambar pertama dimana tema
yang dibuat dalam gambar ini adalah pemandangan walaupun objek dari gambar ini
sama dengan objek yang di gambar oleh anak usia 12 tahun namun terdapat
perbedaan dari gambar ini yaitu goresan dari anak ini lebih lentur dan teraah
dpat dilihat dari gambar gunung yang ditampilkan tidak kaku dselain itu sawah
yang di gambar berkesan bertingkat dan jalan lebih tinggi daripada sawah, namun
sayangnya dalam gambar ini tidak tidak menggunakan warna dan hasnya menggunakan
pensil dalam hal pewarnaannya.
selanjutnya pada gambar ke dua
adalah gambar karikatur dimana melalui gambar ini kita bisa melihat adanya pemikiran
lebih dari anak tersebut mengenai realita yang dia liahat di sekitarya selah
satunya melalui televise maupun melalui internet dimana anak ini menggambarkan
suara rakyat yang mengingatkan dan meminta hak mereka dengan cara
demonstrasi,yang menuntut agar pemimpin tidak memakan uang rakyat, melalui
gambar ini terlihat perbedaan pada objek manusia dimana pemimpin digambarkan
dengan ukuran yang besar sedangkan rakyat dengan ukuran yang kecil. untuk
mendukung cerita dari gambar ini dibuatlah gedung dan ikon lenmark dari ibukota
Negara dimana tempat para pemimpin berada.
dari gambar diatas dapat disimpulkan pada usia ini anak
mulai melihat realita yang terjadi disekitarnya, dan ikut terlibat dalam
melihat isu-isu disekitarnya sehingga objek yang di gambar lebih kearah
fenomena yang sedang berkembang pada saat itu . sehingga kebanyakan gambar anak
berupa kritikan dan mulai realis sesuai dengan kenyataan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar