halaman

Minggu, 13 Desember 2015

pengembangan peserta didik 10


Pada periode ini tumbuh kesadaran akan kemampuan diri. Perbedaan tipe individual makin tampak. Anak yang berbakat cenderung akan melanjutkan kegiatannya dengan rasa senang, tetapi yang merasa tidak berbakat akan meninggalkan kegiatan seni rupa, apalagi tanpa bimbingan. Dalam hal ini peranan guru banyak menentukan, terutama dalam meyakinkan bahwa keterlibatan manusia dengan seni akan berlangsung terus dalam kehidupan. Seni bukan urusan seniman saja, tetapi urusan semua orang dan siapa pun tak akan terhindar dari sentuhan seni dalam kehidupannya sehari-hari.

 Dari pemaparan di atas merupakan salah satu hal yang perlu kita ketahui sebagai orangtua, guru, mahasiswa dan untuk semua kalanyan agar kita dapat memahami dan

Gambar 1 karya komang novita arsatianingsih usia 15 tahun
 

Gambar 2 karya riski maulana usia 15 tahun
 
 

menganalisis gambar bukanlah hal dimana kita menilai dan mengkritik hasil gambar anak melaikan sebuah proses dimana kita mencoba melihat dan memahami lebih dekat bagaimana proses menggambar dari anak serta apa yang ingin disampaikan oleh anak tersebut melalui gambar yang dia buat. untuk itu dimulai dengan membahas gambar pertama dimana tema yang dibuat dalam gambar ini adalah pemandangan walaupun objek dari gambar ini sama dengan objek yang di gambar oleh anak usia 12 tahun namun terdapat perbedaan dari gambar ini yaitu goresan dari anak ini lebih lentur dan teraah dpat dilihat dari gambar gunung yang ditampilkan tidak kaku dselain itu sawah yang di gambar berkesan bertingkat dan jalan lebih tinggi daripada sawah, namun sayangnya dalam gambar ini tidak tidak menggunakan warna dan hasnya menggunakan pensil dalam hal pewarnaannya.

selanjutnya pada gambar ke dua adalah gambar karikatur dimana melalui gambar ini kita bisa melihat adanya pemikiran lebih dari anak tersebut mengenai realita yang dia liahat di sekitarya selah satunya melalui televise maupun melalui internet dimana anak ini menggambarkan suara rakyat yang mengingatkan dan meminta hak mereka dengan cara demonstrasi,yang menuntut agar pemimpin tidak memakan uang rakyat, melalui gambar ini terlihat perbedaan pada objek manusia dimana pemimpin digambarkan dengan ukuran yang besar sedangkan rakyat dengan ukuran yang kecil. untuk mendukung cerita dari gambar ini dibuatlah gedung dan ikon lenmark dari ibukota Negara dimana tempat para pemimpin berada.

dari gambar diatas dapat disimpulkan pada usia ini anak mulai melihat realita yang terjadi disekitarnya, dan ikut terlibat dalam melihat isu-isu disekitarnya sehingga objek yang di gambar lebih kearah fenomena yang sedang berkembang pada saat itu . sehingga kebanyakan gambar anak berupa kritikan dan mulai realis sesuai dengan kenyataan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar