halaman

Minggu, 13 Desember 2015

pengembangan peserta didik 9


Gambar selanjutnya yang akan saya bahas adalah karya anak usia 11 dan 12 tahun yang masuk dalam Masa Naturalistik Semu, Masa ini dikatakan sebagai usia berfikir dimana pada umumnya anak senang berkarya dan pada akhirnya dari aktifitas yang sepontan menjadi awal dari periode berfikir artinya anak mulai menjadi kritis terhadap karya sendiri, dimana anak tidak lagi menggambar apa yang diketahui melainkan apa yang di lihatnya. Pada masa ini juga terdapat gejala adanya dua kecendrungan yaitu tipe visual yaitu tipe anak yang mempunyai ketajaman menghargai sesuatu yang ia lihat dan nonvisual merupakan tipe anak yang selalu mengungkapkan sesuatu sesuai dengan emosinya. 

Sama dengan konsep gambar yang telah dibahas sebelumnya, pada masa ini anak menunjukkan kemampuan berfikir abstrak serta kesadaran sosialnya makin berkembang. Perhatian kepada seni mulai kritis, bahkan terhadap karyanya sendiri. Pengamatan kepada objek lebih rinci. Tampak jelas perbedaan anak-anak bertipe haptic dengan tipe visual. Tipe visual memperlihatkan kesadaran rasa ruang, rasa jarak dan lingkungan, dengan fokus pada hal-hal yang menarik perhatiannya. Penguasaan rasa perbandingan (proporsi) serta gerak tubuh objek lebih meningkat. Tipe haptic memperlihatkan tanggapan keruangan dan objek secara subjektif, lebih banyak menggunakan perasaannya. Gambar-gambar gaya kartun banyak digemari.

Gambar 1 karya I putu reppa rahina dhita usia 11 tahun
 
 
Gambar 2 karya putu rara aprinala usia 11 tahun



Gambar 3 karya gede mertayasa usia 11 tahun
 

Gambar 4 karya kadek mas satya wahyudi usia 12 tahun
 

sesuai dengan teori perkembangan seni rupa anak pada masa ini anak sudah mulai berfikir abstrak dan memiliki kesadaran social sehingga dalam karyanya sudah mulai terlihat penguasaan rasa perbandingan dapat dilihat dari karya-karya anak di atas. mulai dari karya pertama dimanakarya ini menceritakan seekor anjing yang menggonggong di tengah jalan, gambar ini menggunakan krayon sebagai alat warnanya sehingga tercipta gambar dengan warna yang cerah, dengam melihat lingkungan sekitar anak tersebut sudah menambahkan objek gedung pada gambarnya kemudian pohon yang di potong pada bagian kiri dan kanan gambar anjing, dalam hal pewarnaan sudah merata dan rapi selain itu terdapat gradasi warna baik pada rumput, langit, gedung, pohon jalan dan anjing. amak ini dapat dikatakan kreatif karena menggunakan warna yang berfariasi dan mulai mencoba membuat objek sesuai kenyataannya.

Gambar ke dua merupakan gambar batik yang mengambil bentuk stilirisasi, dari Bunga yang di susun rapi, pada pembuatan gambar ini telah terlihat proses pewarnaan yang mulai teratur dan rapi walaupun dalam gambar ini hanya menggunakan tiga warna yaitu hijau, merah, dan biru. gambar yang di dominasi oleh warna hijau. dari gambar ini dapat dilihat adanga kesadaran mengenai budaya dan fasion dari anak ini karena dia sangat tertarik dengan batik yang merupakan kain khas Indonesia sehingga dia mulai membuat desain beberapa macam batik dengan mengambil objek alam.

gambar selanjutnya mengambil objek minion yang merupakan salah satu tokoh kartun dan pada gambar ini di gabungkan dengan memberikan tulisan naman dari anak tersebut sehingga tercipta gambar seperti desain baju atau sablonan pada baju, kreatifitas anak ini sudah mulai terihat dalam hal desain pakaian pria pada distro yang mengambil objek tokoh kegemaran anak-anak yang dipadukan dengan sesemikian rupa agar lebih menarik, dalam hal pewarnaan sudah merata dengan tiga jenis warna.
pada gambar yang terakhir merupakan gambar anak 12 tahun objek yang digambar adalah kalajengking, objek ini dipilih karena zodiac dari anak ini adalah scorpio, walaupun tidak menggunakan warna, bisa dilihat ketegasan garis dari gambar ini selain itu keinginan menggambar sesuai dengan objek aslinya sudah mulai terlihat pada gambar ini dan ketertarikan dengan streat art juga sudah mulai Nampak pada gambar ini
dari gambrat diatas dapat disimpulkan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak juga mempengaruhi karya seni dalam hal ini gambar mereka dimana imajinasi anak-anak dalam menggambar sudah mulai mengeksplor lingkungan dan lebih melihat lingkungan dalam hal menggambar sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. melalui gambar kita juga bisa melihat kepribadian serta minat dan bakat dari anak-anak.    

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar