Gambar
selanjutnya yang akan saya bahas adalah karya anak usia 11 dan 12 tahun yang
masuk dalam Masa Naturalistik Semu,
Masa ini dikatakan sebagai usia berfikir dimana pada umumnya anak senang
berkarya dan pada akhirnya dari aktifitas yang sepontan menjadi awal dari
periode berfikir artinya anak mulai menjadi kritis terhadap karya sendiri,
dimana anak tidak lagi menggambar apa yang diketahui melainkan apa yang di
lihatnya. Pada masa ini juga terdapat gejala adanya dua kecendrungan yaitu tipe
visual yaitu tipe anak yang mempunyai ketajaman menghargai sesuatu yang ia
lihat dan nonvisual merupakan tipe anak yang selalu mengungkapkan sesuatu
sesuai dengan emosinya.
Sama dengan konsep gambar yang telah dibahas sebelumnya,
pada masa ini anak
menunjukkan kemampuan berfikir abstrak serta kesadaran sosialnya makin
berkembang. Perhatian kepada seni mulai kritis, bahkan terhadap karyanya
sendiri. Pengamatan kepada objek lebih rinci. Tampak jelas perbedaan anak-anak
bertipe haptic dengan tipe visual. Tipe visual memperlihatkan kesadaran rasa
ruang, rasa jarak dan lingkungan, dengan fokus pada hal-hal yang menarik
perhatiannya. Penguasaan rasa perbandingan (proporsi) serta gerak tubuh objek
lebih meningkat. Tipe haptic memperlihatkan tanggapan keruangan dan objek secara
subjektif, lebih banyak menggunakan perasaannya. Gambar-gambar gaya kartun
banyak digemari.
Gambar 1 karya I putu
reppa rahina dhita usia 11 tahun
Gambar 3 karya gede
mertayasa usia 11 tahun
Gambar 4 karya kadek
mas satya wahyudi usia 12 tahun
sesuai
dengan teori perkembangan seni rupa anak pada masa ini anak sudah mulai
berfikir abstrak dan memiliki kesadaran social sehingga dalam karyanya sudah
mulai terlihat penguasaan rasa perbandingan dapat dilihat dari karya-karya anak
di atas. mulai dari karya pertama dimanakarya ini menceritakan seekor anjing
yang menggonggong di tengah jalan, gambar ini menggunakan krayon sebagai alat
warnanya sehingga tercipta gambar dengan warna yang cerah, dengam melihat
lingkungan sekitar anak tersebut sudah menambahkan objek gedung pada gambarnya
kemudian pohon yang di potong pada bagian kiri dan kanan gambar anjing, dalam
hal pewarnaan sudah merata dan rapi selain itu terdapat gradasi warna baik pada
rumput, langit, gedung, pohon jalan dan anjing. amak ini dapat dikatakan
kreatif karena menggunakan warna yang berfariasi dan mulai mencoba membuat
objek sesuai kenyataannya.
Gambar
ke dua merupakan gambar batik yang mengambil bentuk stilirisasi, dari Bunga
yang di susun rapi, pada pembuatan gambar ini telah terlihat proses pewarnaan
yang mulai teratur dan rapi walaupun dalam gambar ini hanya menggunakan tiga
warna yaitu hijau, merah, dan biru. gambar yang di dominasi oleh warna hijau.
dari gambar ini dapat dilihat adanga kesadaran mengenai budaya dan fasion dari
anak ini karena dia sangat tertarik dengan batik yang merupakan kain khas
Indonesia sehingga dia mulai membuat desain beberapa macam batik dengan
mengambil objek alam.
gambar
selanjutnya mengambil objek minion yang merupakan salah satu tokoh kartun dan
pada gambar ini di gabungkan dengan memberikan tulisan naman dari anak tersebut
sehingga tercipta gambar seperti desain baju atau sablonan pada baju,
kreatifitas anak ini sudah mulai terihat dalam hal desain pakaian pria pada
distro yang mengambil objek tokoh kegemaran anak-anak yang dipadukan dengan
sesemikian rupa agar lebih menarik, dalam hal pewarnaan sudah merata dengan
tiga jenis warna.
pada
gambar yang terakhir merupakan gambar anak 12 tahun objek yang digambar adalah
kalajengking, objek ini dipilih karena zodiac dari anak ini adalah scorpio,
walaupun tidak menggunakan warna, bisa dilihat ketegasan garis dari gambar ini
selain itu keinginan menggambar sesuai dengan objek aslinya sudah mulai
terlihat pada gambar ini dan ketertarikan dengan streat art juga sudah mulai
Nampak pada gambar ini
dari
gambrat diatas dapat disimpulkan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak juga
mempengaruhi karya seni dalam hal ini gambar mereka dimana imajinasi anak-anak
dalam menggambar sudah mulai mengeksplor lingkungan dan lebih melihat
lingkungan dalam hal menggambar sesuai dengan minat dan bakat mereka
masing-masing. melalui gambar kita juga bisa melihat kepribadian serta minat
dan bakat dari anak-anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar